Saturday, March 7, 2015

AGEN TANGKAS - Hasil yang mencengangkan tersaji di pekan ke-26 La Liga. Ya, pemuncak klasemen sementara Real Madrid kalah 0-1 dari Athletic Bilbao di San Mames, Minggu (8/3/2015) dini hari WIB. Meski sempat trengginas di babak kedua, El Real tetap tidak mampu menyamakan skor dan pulang ke Santiago Bernabeu dengan tangan kosong.

Bukan Madrid yang tampil dominan, justru Bilbao yang menggempur pertahanan Madrid yang menerapkan pola empat bek. Namun, lini belakang tim tamu masih tergolong kokoh dalam mengawal Iker Casillas.

Peluang untuk Madrid baru datang pada menit 11 saat Dani Carvajal memberi umpan ke Karim Benzema. Namun, usaha penyerang berkebangsaan Prancis itu masih belum menemui sasaran, lantaran sempat ditekan bek Bilbao.

San Mames bergemuruh usai Bilbao mencetak gol pembuka ke gawang Madrid. Adalah sundulan Aritz Aduriz yang tanpa ampun merobek jala gawang Iker Casillas, memanfaatkan umpan lambung Mikel Rico. Bilbao unggul 1-0 atas Los Merengues sejak menit 26.

Sementara itu, sejauh ini performa Rico mengundang decak kagum. Lupakan sejenak assist yang diberikan kepada Aduriz, aksinya kala memimpin timnya menyerang patut diacungi jempol. Dia juga tenang kala berhadapan satu lawan satu dengan pemain berseragam putih-putih.

Madrid hampir memulai interval kedua dengan sempurna. Kerja sama apik yang ditampilkan Isco, Cristiano Ronaldo, dan Benzema hampir membungkam San Mames, namun usaha tersebut bisa digagalkan bek Bilbao Mikel Balenziaga.

Serangan balik Madrid mengejutkan Bilbao. Bale menusuk dari sisi kanan dan mengirim umpan dari dalam kotak penalti. Gorka Iraizoz sukses menepis bola dan menggagalkan niat Ronaldo yang ingin menyambut umpan.

Lagi-lagi Iraizoz. Kiper Bilbao ini memiliki pengaruh yang bagus dalam mengomandoi kotak penalti. Pemain berusia 34 tahun sukses memenangi duel satu lawan satu dengan Ronaldo. Laga tinggal menyisakan 15 menit, Madrid semakin gencar melancarkan gempuran.

Bilbao bukannya tanpa peluang. Pemain yang baru masuk, Guillermo mengirim umpan ke kotak penalti Madrid. Sapuan Carvajal justru berakhir ke Aduriz yang menyundul, dan bola membentur mistar gawang Casillas.

Bale hampir menyamakan skor dengan cara yang gemilang. Mengetahui Iraizoz jauh dari gawangnya, bintang asal Wales itu menendang dari jarak jauh, tapi bola mengenai mistar. Bola rebound disambut Jese, tapi usahanya belum tepat sasaran.

Hingga wasit Alberto Undiano meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta selain gol Aduriz di babak pertama.

Susunan Pemain:

Athletic Bilbao: Iraizoz; Iraola, Gurpegi, Etxeita, Balenziaga; Benat, Mikel Rico/Toquero; Williams/Guillermo, De Marcos, Muniain/Susaeta; Aduriz.

Real Madrid: Casillas; Carvajal, Pepe, Varane, Marcelo; Illarramendi/Jesé Rodríguez, Kroos/Lucas Silva, Isco; Bale, Benzema/Chicharito, Ronaldo.

0 comments:

Post a Comment